Sabtu, 05 Juni 2010

DEMOGRAFI FONOLOGIS

Demografi
Gangguan fonologis tidak diketahui menyebabkan dianggap signifikan lebih umum dari gangguan fonologis yang disebabkan oleh kelainan neurologis atau structural. Diperkirakan bahwa% anak-anak 7-8 yang lima tahun mengalami gangguan fonologis dengan penyebab (gangguan fonologis perkembangan). Sekitar 7,5% anak usia antara tiga dan sebelas diduga memiliki gangguan perkembangan fonologis. gangguan fonologis lebih sering terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Diperkirakan bahwa dua sampai empat kali lebih banyak anak laki-laki sebagai perempuan mengalami gangguan tersebut. Anak-anak yang mengalami gangguan fonologis lebih mungkin mengalami masalah bahasa lain dan gangguan. Anak-anak dengan atau lebih anggota keluarga yang memiliki kelainan ini atau bahasa yang sama juga dianggap lebih cenderung memiliki gangguan fonologis.
Pengobatan
Pengobatan oleh ahli patologi wicara-bahasa umumnya direkomendasikan untuk anak-anak dengan gangguan fonologi. terapi ini akan berbeda tergantung pada kebutuhan individu anak, tapi umumnya mengambil bentuk berlatih suara. Kadang-kadang anak menunjukkan cara-cara fisik yang suara dibuat, seperti dari mana untuk menempatkan lidah dan bagaimana untuk membentuk bibir. Pengulangan suara sulit dengan terapis merupakan bagian integral dari pengobatan. Ada perdebatan, Namun, bagaimana cara bahwa anak-anak dengan bentuk-bentuk yang lebih parah dari gangguan yang harus ditangani. Beberapa terapis percaya bahwa suara yang dipelajari kemudian dalam pembangunan harus ditujukan pertama, bahkan jika anak belum mengembangkan keterampilan terdengar lebih sederhana. terapi lain percaya bahwa suara sederhana harus ditangani pertama, karena lebih mudah untuk anak-anak dengan gangguan fonologi untuk menguasai mereka. Satu sekolah lain pemikiran adalah bahwa ketika anak mengembangkan rasa keberhasilan saat ini suara yang dikuasai, dan ia akan lebih rela melanjutkan pengobatan. Ada penelitian yang sedang berlangsung pada perdebatan ini, dan hasil pada 2002 adalah masih tercampur.
Anak-anak yang mengalami gangguan fonologis karena masalah neurologis atau struktural yang tidak memungkinkan mereka untuk menghasilkan beberapa suara yang sering dibantu untuk menemukan alternatif pendekatan untuk suara pada kisaran suara yang mereka mampu memproduksi.
Prognosis Prognosa
Prognosis untuk anak-anak dengan gangguan fonologi umumnya baik. Bagi banyak anak, menyelesaikan masalah secara spontan. Hal ini melaporkan bahwa pada 75% dari anak-anak dengan-atau-sedang bentuk gangguan ringan, dan masalah yang tidak berasal dari suatu kondisi medis, gejala menyelesaikan sebelum usia enam. Dalam banyak kasus lain, anak-anak yang menerima perawatan akhirnya mengembangkan normal atau dekat dengan pidato normal. Dalam beberapa kasus, mungkin ada efek ringan yang berlangsung hingga dewasa, tetapi pidato sepenuhnya dipahami. Untuk anak-anak dengan gangguan fonologis karena penyebab neurologis atau struktural, hasilnya umumnya terletak pada seberapa baik penyebab masalah diperlakukan.
Pencegahan
Tidak ada cara yang diketahui untuk mencegah gangguan fonologis. Diet sehat selama kehamilan dan perawatan kehamilan secara rutin dapat membantu untuk mencegah beberapa masalah neurologis atau struktural yang dapat mengakibatkan gangguan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar