Sabtu, 05 Juni 2010

DESKRIPSI KELAINAN MATEMATIKA

Deskripsi
Kelainan Matematika adalah gangguan belajar di mana kemampuan matematika seseorang secara substansial di bawah tingkat yang diharapkan biasanya berdasarkan pada usia, tingkat kecerdasan, pengalaman hidup, latar belakang pendidikan, dan gangguan fisik. Kecacatan ini mempengaruhi kemampuan untuk melakukan perhitungan serta kemampuan untuk memahami masalah kata dan konsep-konsep matematika. Ada kemungkinan faktor genetik berpengaruh dalam kelaianan ini

Tanda
Anak dengan kelainan ini mempunyai masalah seperti kesulitan menulis angka, berhitung, menambah atau mengurang, bekerja dengan tanda-tanda matematika (+, -, x, dan /). Anak dengan kelainan ini biasanya mengalami rendah diri, masalah sosial, dan putus sekolah.

Perawatan
Pengobatan untuk gangguan matematika termasuk les individu, penempatan di kelas matematika khusus dengan guru ahli matematika, dan bantuan pendidikan lainnya yang berfokus pada keterampilan matematika.

Gangguan belajar
a. Latar Belakang
Blog ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas kuliah psikologi anak khusus. Nevid (2002) mengemukakan gangguan belajar cenderung menjadi gangguan klinis yang mempengaruhi perkembangan belajar, anak-anak dengan gangguan ini cenderung berprestasi buruk dalam kemampuan membaca, berhitung atau menulis, hal ini akan mengghambat sekolah dan fungsional sehari-hari anak. Dalam DSM III-R gangguan membaca dimasukkan ke gangguan yang spesifik yakni gangguan yang mengganggu keterampilan akademik, sedangkan dalam DSM IV pencapaian karena gangguan belajar mempengaruhi keberhasilan akademik anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar