Sabtu, 05 Juni 2010

metode dan teknik pelayanan pada gangguan komunikasi

Kemampuan Yang harus dimiliki guru dengan anak gangguan komunikasi
Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pelatih atau guru yang memberikan pelatihan kepada anak yang mengalami gangguan komunikasi antara lain:
1. Kemampuan Penguasaan Bahan
2. Kemampuan Mengelola Sistem Instruksional
3. Kemampuan mengelola tempat
4. Kemampuan Mengelola Sarana
5. Mengembangkan kerjasama


e. Metode dan Teknik Pelayanan
Dalam teknik pelayanan pada gangguan komunikasi, guru dapat mempergunakan salah satu atau kombinasi beberapa metode dan teknik sebagai berikut:
1. Metode Simulasi
Metode ini dilakukan berdasarkan prinsip pengamatan terhadap suatu rangsangan secara terpadu melalui sensory yang dimiliki seseorang dengan memperbaiki “konsep perilaku komunikasi yang salah”.
Metode stimulasi ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis :
a) Metode Stimulasi visual
b) Metode Stimulasi Auditoris
2. Metode Phonetic-placement
Metode ini selalu menuntut anak dengan gangguan komunikasi untuk “memperhatikan” gerakan posisi organ bicara atau alat komunikasi yang lainnya sehingga mampu mengendalikan pergerakan organ bicara.
3. Metode Moto-kinestetic
Disebut juga metode manipulasi. Guru melakukan manipulasi langsung kepada otot-otot organ bicara atau organ komunikasi yang dipandang perlu.Pemberian manipulasi melalui alat misalnya jati, spatel, kuas khusus atau alat-alat lainnya.
4. Metode Psiko-edukatif
Melalui teknik play-therapy, role playing, dramatisasi, atau metode-metode lainnya

5. Metode Compensatory Pattern
Metode ini akan diberikan kepada anak bila sudah tidak mungkin lagi melakukan perilaku yang lain.
f. Sarana dan Prasarana Latihan
Sarana fisik meliputi ruang latihan, peralatan yang digunakan yang terdiri dari alat-alat elektronik, atau non elektronik. Yang dimaksud alat-alat elektronik adalah segala peralatan yang digunakan dengan memanfaatkan modalitas elektronik. Namun alat-alat elektronik bukan satu-satunya yang menentukan keberhasilan dalam latihan. Alat-alat dimaksud akan lebih baik apabila para pelaksana terlebih dahulu mengenal, dan mempunyai kemampuan mengoperasikan alat-alat dimaksud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar