Sabtu, 05 Juni 2010

DIAGNOSA FONOLOGIS

Diagnosa
Diagnosis untuk gangguan fonologis sangat tergantung pada usia anak yang bersangkutan. Anak-anak yang berusia empat tahun mungkin mengalami kesulitan produksi ujaran yang menunjukkan perkembangan normal untuk usia mereka, sementara anak-anak yang berusia delapan tahun dan membuat kesalahan yang sama mungkin memiliki gangguan fonologis. Pada anak-anak dengan gangguan fonologi, pola dan urutan perolehan suara pidato biasanya mirip dengan mengembangkan anak-anak normal. Namun, bunyi ujaran keterampilan mengembangkan lebih lambat, sehingga usia merupakan faktor penting dalam menentukan diagnosis gangguan fonologis. Anak-anak dengan gangguan fonologis dapat membuat kesalahan yang sama bunyi ujaran sebagai yang lebih muda, biasanya mengembangkan anak-anak. Dalam beberapa kasus, gangguan fonologi anak-anak dengan menunjukkan contoh lebih dari kelalaian, substitusi, dan distorsi dalam pidato mereka.
Ketika Anda menjelajahi diagnosis gangguan fonologi, secara umum dianjurkan dokter untuk cek kemungkinan penyebab lain dari tanda-tanda dan gejala. anak mendengar A harus diperiksa, karena pidato suara yang tidak mendengar dengan baik oleh anak tidak dapat ditiru dan belajar dengan baik. Pada anak-anak usia sekolah, memahami bacaan harus diperiksa untuk menemukan gangguan bahasa lain, yang kadang-kadang hadir di samping gangguan fonologis. Keterlambatan perkembangan umum juga harus diperiksa oleh dokter. Penting untuk diingat bahwa untuk beberapa anak-anak yang bahasa ibunya adalah salah satu yang lain selain bahasa Inggris, masalah dengan bunyi-bunyi ujaran dapat hasil dari crossover miskin suara antara anak bahasa itu. Karena itu, ketika mendiagnosis anak dengan bahasa ibu yang berbeda, dianjurkan bahwa tes bahasa pertama melibatkan anak, serta bahasa Inggris. Juga, harus diingat bahwa di beberapa bagian negara, pelafalan normal beberapa kata berbeda dari pengucapan di bagian lain negara. Oleh karena itu anak latar belakang dan sejarah dapat menjadi sangat penting dalam membuat diagnosis.
The Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-IV-TR) menyatakan bahwa diagnosis gangguan fonologis yang akan dibuat, tiga kriteria umum harus dipenuhi. Kriteria pertama adalah bahwa si anak tidak mengembangkan keterampilan pidato suara dianggap sesuai untuk kelompok umur dia atau nya. Selain itu, kurangnya perolehan suara ujaran harus menyebabkan masalah untuk anak di rumah, di sekolah, atau dalam aspek-aspek penting lain dari kehidupan anak. Jika anak cacat mental, memiliki masalah dengan otot nya pembicaraan atau pendengaran, atau jika ada kekurangan lingkungan, diagnosis gangguan fonologis mungkin masih sesuai. Diagnosis hanya dapat dibuat, namun, jika kurangnya keterampilan pidato suara dianggap lebih besar dari yang lain masalah anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar